Senin, 05 Januari 2009

MENGENAL PROGRAM KARTUN FILM-TV

Jika setumpuk kertas digambari dengan gambar yang sama dengan perubahan sedikit pada letaknya maka jika kertas dibuka dengan cepat maka akan terlihat gambarnya seolah-olah hidup. Demikian -lah contoh dari reorama fisika persistence of vision. Mata akan melihat gerak hidup jika sebuah image bergerak 24 gambar perdetik.
Jadi gerak lambat atau slow motion adalah jika gerak gambar lebih dari 24 gambar perdetik. Atau gerak cepat atau fast motion terjadi jika kurang dari 24 gambar perdetik. Pembuatan program kartun tidak dinamakan kartunis seperti jika ia membuat karyuanya untuk konsumsi media cetak. Di sini namanya adalah animator. Proses kreatif seorang animator dimulai dari penentuan berapa frame gerak karakternya. Misalnya Miki bergerak dua-dua frame atau untuk sedetik gambar tersedia ada 12. Gerak tersebut sesuai sifat Miki. Tapi Donald lebih lambat. Sekitar empat sampai enam frame, tapi bila si Donald bertindak maka bisa jadi satu-satu frame yang diperlukan.

Tidak ada komentar: